SMKN 1 PURWOKERTO

Website : https://smkn1purwokerto.sch.id
Dengan 8 Kompetensi Keahlian RPL, MM, TKJ, FKK, AKL, PBS, OTKP, dan BDP

PembaTIK 2021

SRB Jateng siap sukseskan Pembatik 2021.

Minggu, 25 Oktober 2020

SINAU BARENG NANG RUMAH BELAJAR

 


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar Sahabat? Semoga semua sehat dan tetap semangat !

 

Hadist Rasulullah Muhammad SAW “Udlubul ilma mahdi illal lahdi”, menuntut ilmu sejak buaian sampai liang lahad.

Kali ini saya akan berbagi kisah mengenai Sinau Bareng Nang SMAN 1 Purwokerto. Kegiatan ini merupakan Roadshow tatap maya yang pertama, karena sebelumnya sekolah yang sudah saya kunjungi semuanya tatap muka. Webinar ini merupakan kolaborasi SRB Jawa Tengah dari Banyumas dan Purbalingga yaitu Titi Endri Astuti dan Dian Wicaksono, serta Suwarno dari Purbalingga. Hadir dalam kesempatan ini, motivator utama kami dari DRB Jawa Tengah tahun 2018 Bapak Fakhrudin Sujarwo, serta DRB Jawa Tengah tahun 2019 Ibu Asih Prihatin. Peserta Sinau Bareng Nang Rumah Belajar adalah intern Guru SMAN 1 Purwokerto.

Kegiatan Sinau Bareng Nang SMAN1 Purwokerto berlangsung melalui aplikasi cisco webex yang dimulai pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB, diikuti oleh 26 peserta (Lampiran Daftar Hadir)

 

 Adapun rangkaian kegiatannya sebagai berikut :

1.  Pada menit-menit pertama awalnya kami berenam tetapi karena kendala teknis yang dialami moderator dari SRB Aceh yaitu Ibu Irma Suryani Harahap maka tidak dapat melanjutkan tugasnya sampai akhir acara.

2.   Acara diawali dengan motivasi pertama dari DRB Jateng 2018 yaitu Bapak Fakhrudin Sujarwo, dalam sambutannya beliau mengatakan  bahwa pada Level 4 Berbagi ini, para SRB sudah melewati rangkaian yang sangat panjang sehingga sudah mumpuni untuk berbagi. 


3.      Motivasi kedua disampaikan oleh DRB Jateng tahun 2019 Ibu Asih Prihatin, PembaTIK merupakan agenda rutin tahunan sejak 2017. Bagi Bpk/ibu yang belum mencoba silakan mendaftar di tahun 2021 karena banyak manfaat dari ikut PembaTIK.


4.      Materi pertama disampaikan oleh Bapak Dian Wicaksono

Pemanfaatan kuota internet gratis dan petunjuk teknis bantuan kuota internet gratis.


5.      Materi kedua tentang kelas maya oleh Bapak Suwarno 



6. Materi terakhir adalah praktik pembuatan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan aplikasi Articulate Story Line 3 oleh Titi Endri Astuti 

Penyampaian materi  kurang lebih selama 2 jam. Sahabat dapat mendownload materi di Materi MPI Menggunakan AS 3






sedangkan rekaman webinar dapat di akses di Rekaman Webinar Part 2




Pemateri mengalami kesulitan, karena tidak ada feedback  dari peserta apakah sudah paham atau belum ? Kesulitan peserta lebih dikarenakan karena hanya menggunakan satu  perangkat untuk melakukan tatap maya dan sekaligus juga praktik, sehingga mereka harus sering berganti aplikasi yang digunakan antara menyimak penjelasan dari narasumber dan praktik menggunakan aplikasi tersebut.

 

Dari webinar Sinau Bareng Nang SMAN 1 Purwokerto, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kuota internet gratis dari Pemerintah sudah seharusnya digunakan secara bijaksana dan dimaksimalkan guna mengakses sesuatu yang bermanfaat, salah satunya adalah Portal Rumah Belajar. Fitur Kelas Maya dapat dimanfaatkan sebagai sarana PJJ. Sedangkan fitur Sumber Belajar dapat sahabat manfaatkan untuk berkontribusi sebagai konten kreator dengan cara membuat Media Pembelajaran Interaktif dan mengunggahnya di Sumber Belajar.


Demikian sahabat ceritaku di Sinau Bareng Nang Rumah Belajar bersama Bpk/Ibu Guru dari SMAN 1 Purwokerto. Semoga ceritaku dapat menginspirasi sahabat dalam menggunakan  Portal Rumah Belajar . (TEA, 25/10/2020).

 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Belajar Di Mana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja

Mari berbagi ilmu dimulai dari Rumah Belajar.

 

 












Jumat, 23 Oktober 2020

JADILAH BUDAK KEBAIKAN

 

 



Sebuah ungkapan mengatakan bahwa “Al Insan Abdul Ihsan”, manusia adalah budak kebaikan artinya manakala seseorang diberi kebaikan maka dia tentu akan memberikan balasan berupa pengabdian atas orang yang memberi kebaikan itu.  Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal. (QS. Ali 'Imran, Ayat 159).

Selasa, 12 Oktober 2020 adalah jadwal saya untuk Sosialisasi Rumah Belajar dan Inovasinya di SMK Negeri 2 Purwokerto. Sekolah ini memilih tatap muka  yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 30 orang guru yang sedang WFO. Sambutan hangat begitu terasa ketika memasuki Lab. Bahasa tempat dilaksanakan sosialisasi. Perasaan kaget terharu… kok sudah ada banner terpampang ? Dan kamera yang siap merekap detik demi detik kegiatan sosialisasi.

Oh…Rupanya banner ini bukan untuk sosialisasi hari ini. Begitu terkesannya SMKN 2 Purwokerto dengan Almarhum Bapak Hendri-Widiatmoko, hingga spanduk yang pernah digunakanpun enggan diturunkan. Menurut Bapak Tuduh Sulistowo, S.Kom salah satu sosok pengagum almarhum, katanya supaya terkenang terus.


Acara sosialisasi dimulai tepat pukul 08.15 WIB dengan dipandu oleh Ibu Arum Rusyan Pratami, S.Pd, yang sudah menyusun rangkaian acara sebagai berikut :

1.    Pembukaan

2.    Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 


3.   Sambutan sekaligus pembacaan do’a oleh Bapak Subagyo, S.Pd selaku Ka. TU SMKN 2 Purwokerto



4.    Sekilah Info Pembatik oleh Titi Endri Astuti, S.Kom.

     https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id//user/pembatik_2020




PembaTIK dan Rumah Belajar bagi SMKN 2 Purwokerto bukanlah hal yang baru, karena Alm. Bapak Hendri pernah sosialisasi di sini. Info PembaTIK bertujuan mengenalkan bagi yang belum kenal dan bagi yang sudah kenal agar termotivasi mengikuti PembaTIK di tahun yang akan datang, karena ada beberapa Bpk/ibu Guru yang menjadi peserta PembaTIK, hanya saja tidak lanjut sampai level 4.

 

5.    Pengenalan Kelas Digital

      https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/


Dalam sosialisasi ini, saya mereview kembali tahapan-tahapan mendaftar sebagai guru, membuat kelas digital, mengelola kelas seperti membuat modul, memberi tugas, memberikan penilaian. Ada hal menarik di sini karena SMKN 2 Purwokerto sebagai sekolah Teknik, ketika seorang guru akan membuat kelas ternyata tidak ada pilihan kelasnya. Sekolah ini mempunyai delapan Kompetensi Keahlian, dua diantaranya yang ditempuh selama empat tahun atau Kelas XIII. Kompetensi Keahlian tersebut adalah Teknik Kontruksi, Sanitasi, dan Perawatan Gedung Dan  Teknik Otomasi Industri. Semoga pihak Pusdatik segera merevisi Kelas Mayanya. Karena ada beberapa SMK yang menyelenggarakan Pendidikan dengan waktu tempuh empat tahun. 


6.    Laboratorium Maya

      https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/


Untuk jenjang SMK belum ada fitur Lab. Maya, sehingga hanya sekilas mengenalkan contoh mata pelajaran Matematika SMA.



7.    Sumber belajar

      https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/


Pengenalan 3 fitur utama pada sumber belajar, yaitu konten berbasis audio, video, dan web. Dalam sosialisasi ini, narasumber menjelaskan tahapan-tahapan mendaftar di sumber belajar, membuka sumber belajar, dan bagaimana menjadi konten kreator pada sumber belajar.





8.    Edugame

      https://belajar.kemdikbud.go.id/edugame


Edugame merupakan fitur terbaru dari Portal rumah Belajar. Di sini saya mengenalkan bagaimana bermain asik di Edugame. 



9.    Instalasi Articulate Storyline 3

Rata-rata peserta sudah berhasil menginstal AS 3. Jadi bisa fokus ke pembuatan MPI.

Sebagai pemantik, saya melemparkan beberapa pertanyaan seputar AS 3, yang berhasil menjawab diberi PIN Rumah Belajar dan Stiker Rumah Belajar.



10.   MPI berbasis AS 3

Narasumber menanyangkan contoh MPI sebagai apersepsi pengenalan dan referensi dalam membuat MPI berbasis AS 3.



11.    Desain User Interface Opening



12.    Desain User Interface Menu Utama




13.    Desain User Interface Menu Closing



14.    Publish file AS 3 ke HTML 5

   Pada  sesi akhir, beberapa peserta berhasil membuat MPI dan ada dua peserta yang berani mempresentasikan di depan kelas. Apresiasi berupa MUG Cantik dari PembaTIK. Lagi-lagi saya jadi terharu betapa nama baik itu penting, ketika Pak Tuduh mendapat door prize pun katanya untuk Alm. Bapak Hendri. Massyaa Allah, begitu banyak pengagum beliau di Banyumas, terutama Pejuang UNBK. Semoga almarhum husnul khotimah. Aamiin.



Alhamdulillah dapat rezeki dari berbagi, saya diberi door prize kenangan sebuah buku Antologi Puisi "KALA HATI ANGKAT BICARA" dari Ibu Ummu Daradjatin Widjajati. Terimakasih Bu Ummu…sebuah buku yang luar biasa.

 


15. Di akhir sesi kami foto bersama sebagai kenang-kenangan



Dengan menggunakan Portal Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Selamat Bergabung dengan Rumah Belajar, Rumah Kita Bersama. (TEA, 10/2020)

 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Mari Berbagi Ilmu Dimulai Dari Rumah Belajar





 












Kamis, 22 Oktober 2020

E-Modul Berbasis Android (EMBA) Mapel Animasi 2D dan 3D

E-Modul Berbasis Android (EMBA) merupakan MPI yang dapat digunakan peserta didik dalam mempelajari Mapel Animasi 2D dan 3D. Untuk membaca EMBA dapat menggunakan software Reasily dengan cara menginstal melalui Play Store/Apps Store. Bagaimana cara membuat EMBA menggunakan software Sigil ? Dan bagaimana cara membaca EMBA di HP Androin ? Silakan klik link Youtube berikut :




Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Mari Berbagi Ilmu Dimulai Dari Rumah Belajar





Desain LKPD Dengan Canva for Education

Guru Inovatif Indonesia melaksanakan "Diklat Kelas LKPD Dengan Canva". Pertemuan pertama dilaksanakan tanggal 27 November 2021 pukul 08.00 s.d. 09.30 WIB dengan topik Membuat akun dan menyiapkan Canva, dan Desain Cover LKPD dengan Canva yang dilaksanakan via Zoom Meeting.




Pertemuan kedua dilaksanakan tanggal 29 November 2021 pada pukul 19.00 s.d 20.30 WIB dengan topik Desain Isi LKPD.

 
Sedangkan pertemuan ketiga dilaksanakan pada tanggal  30 November 2021 pada pukul 19.00 s.d 20.30 WIB dengan topik Membuat Desain Halaman Biografi LKPD.
 



 
Dalam diklat ini juga diadakan LOMBA DESAIN LKPD DENGAN CANVA LOMBA DESAIN LKPD DENGAN CANVA dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Lomba ini khusus untuk peserta kelas virtual pelatihan LKPD dengan Canva dan peserta Paket November
2. LKPD yang disusun minimal terdiri dari 3 halaman (Cover, isi dan halaman biografi). Tidak ada maksimal halaman.
3. Silakan upload LPKD dalam format PDF ke link yang sudah ditentukan.
4. Periode pengiriman LKPD ditutup hingga tanggal 5 Desember 2021 Jam 23:59 WIB
5. Akan dipilih 5 LPKD dengan DESAIN paling menarik yang masing-masing akan mendapatkan Voucher Senilai 100rb Rupiah yang dapat digunakan untuk Paket Kelas Virtual bulan Desember ataupun Kelas Penulisan Buku Ber-ISBN.
6. Selain itu kami siapkan sertifikat penghargaan untuk para pemenang.
7. Pemenang akan diumumkan paling lambat 8 Desember 2021.

Salam Guru Inovatif Indonesia!
Belajar, Berkarya dan Berinovasi!dengan ketentuan sebagai

Alhamdulillah, karyaku mendapatkan juara ! Terimakasih Guru Inovatif Indonesia, Bpk Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd, Bpk. Randi Pratama, dan Bpk Lendi Ike Hermawan, S.Pd., atas kesempatan yang diberikan untuk belajar bersama Guru Inovatif Indonesia....semoga barokah ilmunya, Aamiin.
Berikut link LKPD karyaku  LKPD Teknik Animasi Tweening
 
(TEA, 8 Desember 2021). 

 


 






SOSIALISASI SERASA REUNI di SMAN 3 Purwokerto

 

Pilihan menjadi Pendidik di era covid 19 menuntut guru untuk selalu berinovasi dan bertransformasi agar tidak tertinggal zaman. Guru di era digital memiliki kewajiban untuk meningkatkan kemampuan diri dalam bidang tehnologi. Terlebih di tengah Pandemi Covid 19 ini yang mengubah tatanan kehidupan di semua aspek termasuk Pendidikan. Pola pembelajaran tatap muka di kelas telah berubah menjadi pola pembelajaran jarak jauh. Kemdikbud segera mengambil langkah untuk menfasilitasi kebutuhan pendidik dan peserta didik agar pembelajaran jarak jauh dapat diterapkan secara menarik, menyenangkan dan interaktif, Yakni sebuah Aplikasi Rumah Belajar.